Benarkah Ikan bisa Mengenali Wajah Manusia?
2016 / Juni / 12   13:00

Benarkah Ikan bisa Mengenali Wajah Manusia?

Ikan sumpit yang sejatinya bukan primata yang memiliki otak yang besar dan kompleks ternyata bisa mengenali 44 wajah manusia yang berbeda.

Benarkah Ikan bisa Mengenali Wajah Manusia?Ikan sumpit yang mampu mengenali perbedaan 44 wajah manusia . (Esquilo /Sci-news)

Ikan sumpit (Toxotes chatareus) adalah spesies ikan tropis air tawar. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa ikan sumpit dapat mengenali wajah manusia. 

Kemampuan ikan mengenali wajah manusia merupakan hal yang mengejutkan. Pasalnya, mampu membedakan sejumlah besar wajah manusia adalah tugas sulit. Terutama fakta bahwa wajah manusia berbagi fitur dasar yang sama seperti dua mata, satu hidung, dan satu mulut," kata pemimpin penulis studi, Dr. Cait Newport, seorang peneliti di Universitas Oxford.

Hipotesis sebelumnya menyatakan bahwa mengenali wajah manusia hanya dapat dicapai oleh primata yang memiliki otak yang besar dan kompleks. Fakta bahwa otak manusia memiliki daerah khusus yang digunakan untuk mengenali wajah manusia menunjukkan bahwa mungkin ada sesuatu yang khusus tentang bagian kerja otak dalam mengenali wajah.

"Untuk menguji ide ini, kami ingin menentukan apakah hewan lain dengan otak yang lebih kecil dan sederhana dapat mengenali wajah manusia," kata Dr Newport.

Pengujian dilakukan pada ikan sumpit. Ikan ini dipilih karena kemampuannya menyemprotkan air untuk merobohkan lawannya. Pada saat pengujian, ikan diberi dua gambar wajah manusia dan dilatih untuk memilih salah satu dari mereka yang akan dilumpuhkan.

Ternyata ikan mampu melakukan tugas. Ikan yang sangat akurat ketika memilih wajah yang benar, mencapai 81% pada percobaan pertama dan 86% pada percobaan kedua.

"Menggunakan prosedur ini, kami menunjukkan bahwa ikan sumpit dapat belajar membedakan sampai 44 wajah manusia," kata para ilmuwan.

(Ali Fatur Rohmah/SUmber: Sci-news.com)

KOMENTAR