Teknologi Terbaru, Lengan Kulit Anda Bisa Jadi 'Touchpad'
2016 / Mei / 15   18:23

Teknologi Terbaru, Lengan Kulit Anda Bisa Jadi 'Touchpad'

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menggesek dan menekan lengannya untuk berinteraksi dengan 'smartwatch'

Teknologi Terbaru, Lengan Kulit Anda Bisa Jadi 'Touchpad'Ilustrasi Skintrack (Futures Interface Group)

Sebuah tim ilmuwan telah mengembangkan sebuah teknologi terbaru yang dapat membuat kulit di lengan dan tangan Anda bertindak seperti touchpad untuk smartwatch.

Teknologi, yang dikenal sebagai Skintrack, dikembangkan oleh Futures Interface Group, sebuah laboratorium penelitian di Carnegie Mellon University. (Baca : Sony Patenkan Lensa Kontak yang Bisa Merekam dan Memutar Video dalam Satu Kedipan Mata)

Teknologi Ini mengharuskan pengguna untuk memakai cincin dan sensor yang melekat pada tali smartwatch. Sensor memiliki empat elektroda, yang digunakan untuk menerima sinyal listrik frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh cincin ketika jari menyentuh kulit, untuk menghitung posisi yang tepat dari jari.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menggesek dan menekan lengannya untuk berinteraksi dengan smartwatch, dan bahkan memungkinkan pengguna untuk melukis gambar di lengan. Teknologi ini juga melampaui keterbatasan layar smartphone yang kecil dengan memungkinkan pengguna untuk menyeret aplikasi keluar smartwatch dan menempatkannya pada seluruh lengan.

Skintrack memahami hot key commands, yang memungkinkan pengguna membungkam panggilan masuk dengan hanya menulis 'S' di lengan. (Baca juga : Lego Braille, Permainan Sekaligus Sarana Belajar Anak Tunanetra)

Menurut Verge, ada ada rencana mengkomersialkan teknologinya ini. Saat ini, tim sedang bekerja mencari cara memasok daya konstan ke ring, untuk menjaga sinyal tetap stabil ketika tubuh dalam gerakan konstan. Sementara itu, tim menekankan bahwa teknologi inni tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh manusia.

(K.N Rosandrani / Huffingtonpost.com)

KOMENTAR