10 Hewan Paling Beracun di Dunia
2016 / Mei / 5   17:00

10 Hewan Paling Beracun di Dunia

Dari ikan buntal hingga ubur-ubur, inilah 10 hewan paling beracun di dunia.

10 Hewan Paling Beracun di DuniaUbur-ubur kotak (Thinkstock)

Apa yang terlintas di benak Anda jika ditanyakan tentang hewan paling beracun di dunia? Jawaban yang paling sering muncul adalah ular, laba-laba, atau mungkin ubur-ubur. 

Sebagaimana dilansir dari The Conservation Institute, inilah 10 hewan paling beracun di dunia.

1. Ubur-ubur kotak

Ubur-ubur kotak (Chironex fleckeri) atau dalam bahasa Inggris dinamai box jellyfish diyakini oleh banyak kalangan sebagai hewan dengan bisa paling mematikan di dunia. Jika tersengat, racunnya akan menyerang jantung, sistem syaraf dan sel-sel kulit. Dan parahnya, bisa dari box jellyfish sangat menyakitkan sehingga orang yang terkena akan mengalami shock, serangan jantung atau tewas tenggelam sebelum mampu keluar dari air.

2. Ular King Cobra

IlustrasiIlustrasi (Thinkstock)

Kita mengenal ular king cobra (Ophiophagus hannah) sebagai hewan sangat berbisa dan berbahaya. Mereka dapat ditemui di hutan-hutan di India atau Tiongkok. Ia dikenal karena lehernya yang bisa mengembang dan kemampuannya menyemburkan bisa. Bisanya sangat berbahaya dan sekali masuk ke aliran darah, dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Sekitar 7 ml bisa satwa ini mampu membunuh seekor gajah, atau 20 manusia.

3. Siput Marmer Kerucut

Siput marmer kerucut (Cornus marmoreus ) merupakan spesies siput laut pemangsa yang banyak ditemui di perairan Chagos dan Madagaskar, Teluk Benggala India, bagian barat Samudera Pasifik ke Fiji dan Kepulauan Marshall. Bentuknya yang indah seringkali menipu banyak orang untuk memegangnya atau membawanya ke permukaan.

Siput ini mempunyai semacam belalai yang dilengkapi gigi tajam mengandung racun yang biasanya digunakan untuk menyengat mahluk laut lain yang menjadi mangsanya. Dengan giginya itu, siput ini mudah menusuk baju penyelam dan melukainya sebagai usaha untuk melarikan diri. Bisanya dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian.

4. Gurita Cincin Biru

Gurita cincin biruGurita cincin biru (Wikimedia Commons)

Gurita cincin biru (Hapalochlaena) atau biasa dikenal dengan Blue-Ringed Octopus adalah salah satu hewan yang paling mematikan di lautan. Gurita ini tersebar di sepanjang Australia dan bagian barat Indo-Pasifik. Gurita ini sebenarnya berukuran kecil, sebesar bola golf, dengan warna cerah menggemaskan. Biasa dipegang dan dibawa ke atas oleh para penyelam. Bisa dari gurita ini dapat menyebabkan kebutaan, gangguan pernafasan akut, hingga kematian.

5. Kalajengking Deathstalker

Namanya cukup menyeramkan, dan kalajengking ini memang diyakini sebagai kalajengking paling mematikan di dunia. Kalajengking deathstalker (Leiurus quinquestriatus) yang banyak ditemui di Timur Tengah dan Afrika Utara ini memiliki racun campuran neurotoxin yang sangat kuat dan menyebabkan rasa sakit tidak tertahankan, gangguan pernafasan, kelumpuhan dan kematian.

KOMENTAR