5 Spot Snorkeling Keren di Pahawang
2016 / April / 21   07:00

5 Spot Snorkeling Keren di Pahawang

Jika Anda mengaku sebagai pecinta wisata bahari, lima lokasi snorkeling di Pulau Pahawang dan sekitarnya ini tak boleh dilewatkan.

5 Spot Snorkeling Keren di PahawangSpot snorkeling Cukuh Bedil. Di sini, pelancong dapat berfoto di bawah air dengan foreground plang bertuliskan "Taman Laut Pahawang" dan taman transplantasi terumbu karang. (M Saiful Anwar)

Jika Anda mengaku sebagai pecinta wisata bahari, lima lokasi snorkeling di Pulau Pahawang dan sekitarnya ini tak boleh dilewatkan. Ada banyak hal-hal unik yang bisa anda jumpai ketika snorkeling di spot-spot berikut. Simak lima lokasi snorkeling keren di Pulau Pahawang dan sekitarnya:

1.  Cukuh Bedil

Spot snorkeling Cukuh Bedil memiliki kedalaman 2-4 meter. Di sini, pelancong dapat menikmati keindahan taman bawah laut dengan aneka ragam terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang hilir mudik. Selain itu, pelancong juga dapat berfoto di bawah air dengan foreground plang bertuliskan “Taman Laut Pahawang” dan taman transplantasi terumbu karang. 

(Baca juga: Waspadai Hewan-hewan Ini Saat Snorkeling di Laut)

2.  Tanjung Putus

Spot ini berada di pulau tetangga Pahawang, yakni Tanjung Putus. Di spot ini, anda akan lebih sering bertemu dengan schooling fish yang hilir mudik. Karang-karangnya pun lebih rapat. Tak jauh dari bibir pantai, Anda sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang. Berhati-hatilah agar tidak menginjak terumbu karang, sebab mereka sangat rentan rusak apabila terinjak. Di Tanjung Putus, terdapat bangkai kapal karam, sayangnya, situs tersebut hanya bisa dikunjungi dengan cara free diving karena letaknya terlalu dalam.

3.  Gosong Bekri

Di Gosong Bekri, selain ada ...Di Gosong Bekri, selain ada candi bawah air, ikan-ikan nemo juga sangat mudah ditemui di antara anemon laut. (M Saiful Anwar)

Berfoto dengan candi di daratan sudah biasa, bagaimana dengan berfoto dengan candi di bawah air? Hal tersebut bisa Anda lakukan ketika snorkeling di spot Gosong Bekri. Penduduk lokal melafalkan “Gosong”sebagai “Gusung”, jadi jangan bingung dengan dua penyebutan berbeda ini. Di sini, ikan-ikan nemo juga sangat mudah ditemui di antara anemon laut. Sebenarnya jarak candi dengan permukaan laut tak terlalu jauh, namun ketika air laut sedang pasang, jaraknya menjadi lebih jauh dan sulit bagi Anda yang tak terbiasa menyelam dalam. Tapi tenang saja, di spot snorkeling Gosong Bekri, terdapat dua penjaga yang akan selalu siap membantu Anda untuk mencapai candi.

(Baca juga: 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Ketika Berlibur ke Pahawang)

4.  Gosong Pancong

Spot snorkeling Gosong Pancong memiliki kombinasi unik. Di satu sisi, perairannya begitu dangkal hingga Anda bisa berdiri di atas karang, tapi di sisi yang lain cukup dalam. Di Gosong Pancong juga terdapat candi buatan seperti di Gosong Bekri. Bagi Anda yang tak sempat berfoto di candi Gosong Bekri, Anda bisa berfoto di bawah air dengan candi di sini. 

5.  Taman Nemo

Di spot Taman Nemo, Pulau ...Di spot Taman Nemo, Pulau Pahawang, Ikan-ikan nemo berenang gesit keluar masuk anemon laut yang menjadi rumahnya. (M Saiful Anwar)

Ingin merasakan secara langsung bagaimana suasana rumah Nemo dan Ayahnya, Marlin seperti dalam film Disney Finding Nemo? Di sinilah tempatnya. Ikan-ikan nemo berenang gesit keluar masuk anemon laut yang menjadi rumahnya, menggoda Anda untuk bermain-main bersama mereka. Taman Nemo ini merupakan tempat budidaya ikan nemo (ikan badut). Setiap sekitar enam bulan sekali, petani nemo mencari bibit-bibit ikan badut di perairan pulau-pulau kecil untuk dibudidayakan. Di spot ini juga terdapat plang bertuliskan "Taman Nemo" di bawah air yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi berfoto.

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR