Deteksi Kesehatan dari Kondisi Bibir
2016 / Maret / 27   00:08

Deteksi Kesehatan dari Kondisi Bibir

Berikut ini adalah informasi yang bisa Anda baca melalui bibir, mengenai apa yang sedang terjadi di dalam tubuh kita.

Deteksi Kesehatan dari Kondisi BibirBila bibir kering tersebut dibiarkan, maka kekeringan akan bertambah parah dan dapat menyebabkan kelainan kulit lebih lanjut (theskiny.com)

Bibir kita berfungsi bukan hanya untuk makan ataupun menambah keintiman dengan pasangan, tetapi juga mengandung informasi mengenai derajat kesehatan kita.

Berikut ini adalah informasi yang bisa Anda baca melalui bibir, mengenai apa yang sedang terjadi di dalam tubuh kita.

1. Bibir Anda bengkak

Pembengkakan dapat menjadi tanda dari alergi, kata Keith Arbeitman, DDS, dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan. Pada awalnya, bibir Anda akan terlihat lebih besar dari biasanya dan mulai merasa gatal.

"Tapi jika bibir Anda mulai menjadi seperti bebek, mungkin artinya Anda harus ke ruang gawat darurat," kata Arbeitman.

Dalam kebanyakan kasus, ketika Anda mengonsumsi makanan yang memicu alergi, pembengkakan bibir mungkin disertai dengan mata berair dan kulit gatal-gatal.

2. Anda perlu makan steak

Sekeras apapun kita mencoba untuk melaksanakan pola makan yang sehat, tetap akan sangat mudah bagi kita kehilangan beberapa nutrisi penting. Kadang-kadang, kekurangan itu muncul di bibir Anda, kata Diane Madfes, MD, dermatolog bersertifikat dan anggota American Academy of Dermatology.

Jika bibir tiba-tiba kering atau ada luka retakan di sudut-sudut mulut, berarti Anda kekurangan zat besi, seng, vitamin B3, atau vitamin B6.

Solusinya sederhana, tambahkan sedikit daging merah ke dalam diet Anda. Daging merah adalah salah satu sumber terkaya dari zat besi dan seng. Anda juga dapat menemukan zat besi, seng, dan vitamin B di dalam makanan seperti salmon, telur, dan sayuran hijau.

3. Air liur berlebihan

Air liur berlebihan bisa keluar saat ada perlukaan lain bagi di sudut-sudut mulut Anda, yang secara resmi disebut "cheilitis angular."

Air liur berlebihan di sudut mulut dapat menyebabkan infeksi jamur, kata Arbeitman kata. Jamur yang tumbuh bisa membuat kulit halus di sudut bibir atas dan bawah Anda retak, menimbulkan luka yang dalam.

Arbeitman menyarankan Anda yang punya masalah ini untuk mencoba tidur bersandar pada bantal. Jika gigi palsu Anda bermasalah, konsultasikanlah ke dokter gigi.

4. Yoga memanggil Anda

Stres dapat memicu cold sore atau lecet di sekitar mulut Anda. "Jika Anda benar-benar kelelahan, atau bekerja terlalu banyak, cold sorebisa muncul," kata Arbeitman.

Mereka juga bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh terganggu, menurut Madfes. Meditasi atau yoga secara rutin dapat membantu meredakan stres. 

5. Waktunya mengisi ulang botol air minum

Bibir kering bisa disebabkan oleh cuaca panas. Atau, Anda dehidrasi. Untuk mengatasi hal ini mudah saja, isi botol air minum Anda dan minumlah sampai rasa haus hilang.

Jangan menunggu haus datang lagi, minumlah setiap satu atau dua jam sekali terutama saat cuaca sedang panas.

(Lily Turangan / Prevention.com via Kompas.com)

KOMENTAR