Bumi akan Dilalui Ekor Komet Halley, Tampilkan Sebulan Penuh Hujan Meteor
2016 / Maret / 26   23:41

Bumi akan Dilalui Ekor Komet Halley, Tampilkan Sebulan Penuh Hujan Meteor

Hujan meteor Eta Aquarids akan mulai sekitar tanggal 20 April dan akan terus berlangsung hingga 21 Mei. Waktu terbaik untuk melihat mereka antara tanggal 5 Mei

Bumi akan Dilalui Ekor Komet Halley, Tampilkan Sebulan Penuh Hujan MeteorInilah Komet Halley yang pecahannya menimbulkan hujan meteor tahunan Orionid. (NASA/ESA/Max-Planck-Institute for Solar System Research)

Hujan meteor Eta Aquarids akan mulai sekitar tanggal 20 April dan akan terus berlangsung hingga 21 Mei. Waktu terbaik untuk melihat mereka antara tanggal 5 dan 7 Mei, ketika langit menjadi gelap selama bulan baru.

(Baca : Hujan Meteor Quadrantid 2016)

Terlihat bintik-bintik, Anda akan melihat potongan-potongan kecil dari puing-puing dari Komet Halley yang menabrak atmosfer Bumi dan terbakar. Mereka disebut Eta Aquarids seperti yang muncul dari konstelasi Aquarius.

Hujan meteor ini akan lebih terlihat di belahan bumi bagian selatan. Namun, orang-orang di belahan bumi utara dapat menangkapnya juga ! Terutama jika Anda dekat dengan garis khatulistiwa. Pada  puncaknya, orang-orang di belahan bumi selatan dapat melihat hingga 30 meteor setiap jam. Bahkan, jika kondisi cuaca menguntungkan, mereka yang berada di utara khatulistiwa masih bisa melihat 10 meteor setiap jam.

(Baca pula : Sekilas Peristiwa Astronomi di Tahun 2016)

Seperti biasa untuk melihat hujan meteor, lebih baik untuk pergi ke luar selama setengah jam sebelum mandi, agar mata Anda menjadi diaklimatisasi untuk melihat dalam cahaya rendah. Selain itu, meteor akan lebih jelas terlihat, jika terbebas dari polusi cahaya dari lampu-lampu kota dan lampu jalan.

(K.N Rosandrani)

KOMENTAR