Perbedaan Pertumbuhan Wajah antara Neanderthal dan Manusia Modern
2015 / Desember / 14   00:21

Perbedaan Pertumbuhan Wajah antara Neanderthal dan Manusia Modern

Proses morfologi membedakan wajah dari manusia modern dengan Neanderthal

Perbedaan Pertumbuhan Wajah antara Neanderthal dan Manusia ModernProses morfologi yang membedakan wajah dari manusia modern dengan Neanderthal (Science Daily)

Sekelompok peneliti internasional, yang dipimpin oleh Rodrigo Lacruz, PhD, asisten profesor di Departemen Ilmu Dasar dan Biologi Kraniofasial di New York University College of Dentistry (NYUCD), baru saja menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan untuk pertama kalinya sebuah proses perkembangan yang membedakan kerangka wajah Neanderthal dengan manusia modern.

Lacruz menunjukkan bahwa Neanderthal, yang muncul sekitar 200.000 tahun lalu, cukup berbeda dari Homo sapiens (manusia) dilihat dari cara wajah mereka tumbuh, menambah perdebatan lama namun penting untuk dilakukan pemisahan kedua kelompok ini. Laporan penelitian yang berjudul Ontogeny of the Maxilla in Neanderthals and their Ancestors diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

"Ini merupakan bagian penting dari teka-teki evolusi," kata Lacruz, ahli paleoantropologi dan biologi enamel. "Beberapa orang berpikir bahwa Neanderthal dan manusia tidak harus dianggap berbeda dari pohon keluarga manusia. Namun, temuan kami, berdasarkan pola pertumbuhan wajah, menunjukkan mereka memang cukup berbeda satu sama lain,”tambah Lacruz.

Tim mencoba memahami proses morfologi yang membedakan 'wajah dari manusia modern' dengan Neanderthal –faktor potensial penting dalam memahami proses evolusi dari kuno ke manusia modern.

Tulang terbentuk melalui proses pengendapan tulang oleh osteoblas (sel pembentuk tulang) dan osteoklas resorpsi oleh sel (tulang serapan), yang memecah tulang. Pada manusia, lapisan terluar dari tulang wajah terdiri dari bidang resorptif besar, tetapi di Neanderthal, sebaliknya di lapisan terluar  tulang, ada deposisi tulang yang luas.

KOMENTAR