PT Pertamina EP Sukses Raih Dua PROPER Emas
2015 / November / 26   18:00

PT Pertamina EP Sukses Raih Dua PROPER Emas

PROPER merupakan upaya Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong perusahaan agar menaati peraturan perundang-undangan dan menerapkan produksi bersih.

PT Pertamina EP Sukses Raih Dua PROPER EmasAktivitas di stasiun pengumpul gas PT. Pertamina EP Field Subang. Selain eksplorasi gas, perusahaan dengan kelompok tani lokal melakukan kerja sama dalam budidaya jamur serta memberikan pelatihan bagi masyarakat. Budidaya jamur ini tak hanya menambah pendapatan masyarakat, tetapi juga bagi lingkungan dan menyuburkan lahan pertanian. (Agus Prijono)

PT Pertamina EP berhasil meraih dua emas Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. PROPER merupakan salah satu upaya Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. Dilakukan melalui berbagai kegiatan yang diarahkan untuk mendorong perusahaan agar menaati peraturan perundang-undangan dan menerapkan produksi bersih (cleaner production).

Sejalan dengan tujuan PROPER, dalam menjalankan roda perusahaannya, PT Pertamina EP memiliki visi tumbuh bersama lingkungan. Ini artinya kelestarian lingkungan, baik flora fauna dan lingkungan masyarakat menjadi harga mati bagi perusahaan.  Keseriusan salah satu anak perusahaan Pertamina dalam bidang lingkungan ini dibuktikan dengan sukses mendapatkan 2 PROPER Emas.  Acara penyerahan PROPER dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.  di Gedung Bidakara, ballroom birawa, Jakarta (23/11).

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla berpesan agar seluruh perusahaan yang sudah mendapatkan PROPER agar tidak berpuas diri dan harus terus melakukan inovasi agar mendapatkan terobosan-terobosan yang bermanfaat. Selain itu, Kalla juga menyampaikan bahwa Pertamina dapat dikatakan sebagai role model perusahaan lain, karena pada kenyataannya Pertamina dan Anak perusahaannya meraih 50% lebih PROPER emas.

"Selamat kepada kedua belas perusahaan yang mendapatkan PROPER emas, semoga semua capaian ini menjadi tradisi dan pengalaman yang baik,"ujar Kalla.

Sementara itu, sejalan dengan yang disampaikan Wapres bahwa pengalaman PROPER selama 20 tahun harusnya membuat nilai-nilai ketaatan dan aturan lebih diimplementasikan perusahaaan. Penggunaan sumber daya alam yang efisien, praktek bisnis dan beretika dan mengurangi kesenjangan kesejahteraan dengan program pemberdayaan masyarakat harus terus ditingkatkan.

Keberhasilan PT Pertamina EP sendiri dalam meraih peringkat PROPER emas tahun ini bukannya tanpa usaha. Berbagai program yang dicanangkan secara konsisten dilakukan PT Pertamina EP yang tergabung dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) . Seperti misalnya dalam rangka pemberdayaan masyarakat diantaranya, pembinaan budidaya ikan lele yang dilakukan oleh Rantau Field di wilayah Aceh Tamiang.

KOMENTAR