Jembatan Kertas Ini Mampu Menahan Beban Mobil

Jembatan Kertas Ini Mampu Menahan Beban Mobil

Sebuah origami jembatan di Suzhou, Tiongkok yang terbuat dari kertas mampu dilalui sebuah mobil dengan mulus tanpa merusak apalagi membuat jembatannya runtuh.

Jembatan Kertas Ini Mampu Menahan Beban MobilSebuah jembatan di Suzhou, Tiongkok yang terbuat dari kertas mampu dilalui sebuah mobil dengan mulus. (Dailymail.co.uk via Intisari Online)

Sebuah bangunan berupa jembatan yang terbuat dari kertas mampu menahan beban mobil yang melaju di atasnya. Sepintas, ini mungkin tidak masuk akal. Nyatanya, itulah yang terjadi di Tiongkok.

Sebuah origami jembatan di Suzhou, Tiongkok yang terbuat dari kertas mampu dilalui sebuah mobil dengan mulus. Tanpa rusak apalagi membuat jembatannya runtuh. Kejadian langka ini merupakan bagian dari peringatan ulang tahun ke-45 dari Land Rover. Jembatan sepanjang lima meter tersebut terbuat dari  54.390 lembar kertas yang disediakan oleh produsen Inggris, James Cropper PLC.

Jembatan ini dirancang oleh seniman environmental, Steve Messam, dalam jangka waktu tiga hari. Uniknya, hal tersebut dilakukan tanpa menggunakan lem atau baut. Sebaliknya, ia hanya merangkai kertas tersebut hingga mampu menahan beban dengan kuat.

“Struktur Kertas ini sangat mendukung untuk menahan beban meskipun pola seperti ini tidak pernah dicoba,” kata Messam.

Pembuatan jembatan tersebut dibangun menggunakan rancangan abutment kayu khusus, terutama di bagian lengkungannya. Kertas-kertas tersebut kemudian disusun sedemikian rupa di atas kerangka hingga benar-benar kuat.

Ketika diuji, sebuah mobil kemudian menaiki jembatan tersebut dengan sudut 34,7 derajat hingga berada di titik puncak jembatan tersebut dimana beratnya kemudian ditopang oleh teknik lengkungan jembatan.

Kertas sisa dari pembuatan jembatan tersebut nantinya akan didaur ulang oleh perusahaan Land Rover untuk digunakan kembali nantinya.

(Sumber: Intisari Online)

KOMENTAR