Air Putih Bisa Berubah Rasa, Bagaimana Bisa?
2015 / Agustus / 6   10:57

Air Putih Bisa Berubah Rasa, Bagaimana Bisa?

Air putih juga bisa terasa "basi".

Air Putih Bisa Berubah Rasa, Bagaimana Bisa?Agar tubuh terhidrasi, konsumsi air 8 gelas atau 2 liter per hari. (shutterstock)

Apakah Anda termasuk orang yang selalu membawa segelas air putih menjelang tidur dan menyimpannya di nakas samping tempat tidur Anda? Apakah Anda merasakan perbedaan rasa saat meminumnya di pagi hari? Apakah airnya basi?

Ketika Anda terbangun dari tidur di pagi hari dan langsung mengonsumsi segelas air putih yang sudah Anda siapkan sejak semalam, Anda mungkin akan merasakan adanya perubahan rasa. Faktanya, ini bukan hanya perasaan Anda. Air memang dapat berubah ketika kita mendiamkannya dalam waktu yang lama, tapi kabar baiknya Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini.

Discovery News telah mempublikasikan secara rinci apa yang terjadi pada air ketika didiamkan dalam waktu lama. Hasilnya menunjukkan bahwa air menyerap karbon dioksida, yang menyebabkan menurunnya pH air dan membuatnya terasa agak asam. Peneliti menyatakan, perubahan ini tak perlu dikhawatirkan.

Namun, ada satu hal yang tak boleh dilupakan, semakin lama Anda mendiamkan segelas air di suatu tempat, entah itu di kamar tidur ataupun di meja kerja Anda, semakin besar kesempatan bakteri yang lebih berbahaya masuk ke dalamnya. Apalagi, jika Anda membiarkan gelas dalam keadaan terbuka.

(Bestari Kumala Dewi/Kompas Health)

KOMENTAR