Akitivas yang Sebabkan Berat Badan Melonjak, Apa Sajakah?
2015 / Juni / 27   12:30

Akitivas yang Sebabkan Berat Badan Melonjak, Apa Sajakah?

Berikut lima faktor yang dianggap cukup berpengaruh menambah berat badan.

Akitivas yang Sebabkan Berat Badan Melonjak, Apa Sajakah?Ilustrasi. (Thinkstock)

Di masa kini, masyarakat khususnya kaum muda semakin menyadari pentingnya menjaga kebugaran. Gaya hidup sehat, olahraga, dan konsumsi makanan sehat pun mulai digandrungi. Salah satu hal yang ingin dijaga dengan menjalani gaya hidup sehat adalah berat badan. Ada beberapa faktor yang diyakini mampu membuat berat badan Anda naik, seperti makanan dan aktivitas.

Meskipun demikian, ternyata tidak hanya kedua faktor tersebut yang mampu mempengaruhi berat badan. Tanpa diduga, beberapa hal berikut dianggap aneh karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Apa saja? Berikut lima faktor yang dianggap cukup berpengaruh dilansir dari situs Maireclaire.

1. Menikah sebelum raih gelar sarjana
Siapa sangka, keputusan untuk menikah sebelum sukses meraih gelar sarjana dapat membuat berat badan Anda naik? Sebuah riset yang dipublikasikan pada Journal of Health and Social Behavior menyatakan bahwa orang-orang yang menikah sebelum meraih gelar sarjana memiliki 65 persen kecenderungan untuk menjadi gemuk di kemudian hari.

2. Penggunaan internet secara berlebihan
Studi yang dirilis pada The Journal of Pediatrics menyebutkan, semakin lama waktu yang dihabiskan dengan menggunaan internet akan membuat seseorang semakin gemuk. Sebab, kebiasaan ini cenderung diikuti dengan kurangnya olahraga, mengudap, dan begadang. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan berselancar di dunia maya pada malam hari.

3. Tinggal dengan perokok
Anda mungkin tidak merokok, namun barangkali pasangan Anda adalah seorang perokok. Nah, tinggal dengan seorang perokok ternyata berpotensi membuat Anda gemuk. Studi yang dipublikasikan pada American Journal of Psychology: Endocrinoloy and Metabolism menyebutkan, orang yang tinggal dengan perokok mengalami perubahan sel yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Kekurangan vitamin D
Vitamin D paling mudah ditemukan pada susu. Kurangnya asupan vitamin D ke dalam tubuh seringkali terjadi pada orang dewasa. Namun, perlu disadari bahwa vitamin D membuat tulang Anda menjadi lebih kuat. Adapun kekurangan vitamin D akan membuat berat badan Anda jadi lebih meningkat.

5. Jatuh cinta
Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungannya cinta dengan berat badan. Namun, berdasarkan studi yang dipublikasikan pada jurnal Health Psychology, pasangan yang menjalani hubungan asmara yang romantis tidak lagi terpacu untuk menarik perhatian lawan jenis, kurang motivasi untuk mengonsumsi makanan sehat, serta kurang olahraga.

(Sakina Rakhma Diah Setiawan/kompas.com)

KOMENTAR