2015 / Juni / 2   11:30

5 Kota Paling Hijau di Dunia

Inilah lima kota yang diumumkan sebagai kota paling hijau di dunia.

5 Kota Paling Hijau di DuniaAmsterdam. (thinkstockphotos)

Bagaimana rasanya tinggal di kota dengan lingkungan yang sangat hijau? Wah, pasti udaranya akan terasa segar. Global Green Economy Index mengumumkan 5 kota terhijau di dunia. Hal ini menanggapi banyaknya kota yang melakukan pengembangan kota berbasis lingkungan hijau. Nah berikut daftar kotanya:

Copenhagen

Copenhagen adalah salah satu kota paling layak huni di dunia. Hampir dua juta orang di kota ini sangat patuh dengan aturan perencanaan dan kebijakan lingkungan hijau. Tujuannya untuk menjadi kota bebas karbon pada tahun 2025. Infrastruktur di kota ini juga dirancang agar kondusif untuk mereka yang senang bersepeda dan berjalan kaki ketimbang mengendarai mobil.

Amsterdam

Hampir semua orang di Amsterdam naik sepeda dan telah melakukannya selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu kota yang paling ramah untuk bersepeda di dunia. Hal ini disebabkan karena pemerintah menyediakan fasilitas yang sangat baik termasuk jalur sepeda yang dilindungi dan ketersediaan parkirnya. Bahkan disebutkan kota ini memiliki lebih banyak sepeda daripada orangnya.

Stockholm

Stockholm adalah kota pertama Uni Eropa yang memenangkan “European Green Capital Award”, sebuah penghargaan untuk kota terhijau di Eropa. Dengan perencanaan lingkungan kota yang terkoordinasi yang dimulai pada tahun 1970-an, Stockholm kini menjadi kota hijau terbaik. Salah satu misi kota ini menjadi kota bebas dari bahan bakar fosil di tahun 2050. Tidak heran jika Stockholm menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

Vancouver

Vancouver memang dikenal sebagai kota yang padat. Tapi, kota ini memiliki iklim dan cuaca yang membuatnya menjadi tempat yang sangat diinginkan untuk dihuni. Faktanya, Vancouver menjadi kota terbersih di Kanada dan salah satu terbersih di dunia.

London

London merupakan kota yang hijau di UK. Meski dulunya menjadi pusat industri, kini ibukota Inggris ini gencar mengurangi emisi gas rumah kaca. London saat ini telah memiliki ruang hijau terbuka dan termasuk sebagai salah satu kota terbaik untuk dihuni.

(intisari-online.com)

KOMENTAR