Mengapa KIta Harus Memiliki Bibir?
2015 / Mei / 16   08:09

Mengapa KIta Harus Memiliki Bibir?

Fungsi bibir yang berperan penting bagi kehidupan manusia.

Mengapa KIta Harus Memiliki Bibir? (thinkstockphoto)

Manusia dari sisi penampilan sangat berbeda dengan spesies lain. Alasannya karena bibir manusia punya jaringan super sensitif di bagian muka. Mengapa kita harus punya bibir? Jason G Goldman mencoba mencari jawabannya.

Bibir sering menjadi persoalan karena mengering di musim dingin dan sesekali tergigit saat kita makan. Sebuah pertanyaan serius kemudian muncul, yakni apa sebenarnya fungsi bibir ini?

Burung bisa bertahan hidup meski tak punya bibir. Begitu juga dengan kura-kura. Ternyata bibir sangat penting. Bibir membantu kita untuk menyedot dengan mekanisme sempurna.

Bahkan menyedot adalah salah satu kemampuan mendasar dari manusia yang langsung kita kuasai begitu kita lahir di dunia ini. Kemampuan yang oleh para ahli disebut sebagai “refleks primitif”.

Coba perhatikan bayi yang langsung bisa menyedot jari atau menyedot puting susu sang ibu. Dari mana ia belajar ini?

Selain menyedot, kita juga terlahir dengan kemampuan yang disebut sebagairooting reflex. Ini adalah kemampuan menoleh begitu ada rangsangan pada mulut atau pipi.

Lidah punya peran penting ketika menyedot susu ibu, tapi bibirlah yang berperan untuk memastikan tidak ada susu yang bocor dari mulut dan masuk ke perut.

Bagi bayi yang baru lahir ini seperti percakapan: ibu menyorongkan susu sementara bayi secara aktif mencari puting sang ibu. Ini seperti tarian yang sudah diatur iramanya oleh evolusi.

KOMENTAR