Tiga Hal yang Mengancam Eksistensi Manusia Menurut Stephen Hawking
2015 / Maret / 2   16:00

Tiga Hal yang Mengancam Eksistensi Manusia Menurut Stephen Hawking

Fisikawan dunia Stephen Hawking membeberkan tiga hal yang menurutnya dapat menghancurkan peradaban manusia.

Tiga Hal yang Mengancam Eksistensi Manusia Menurut Stephen HawkingStephen Hawking (Wikimedia Commons)

Stephen Hawking, fisikawan yang dikenal dunia dari teori black hole dan gravitasi singularitasnya, juga memiliki pendapatnya sendiri akan tiga hal utama yang dapat merusak peradaban manusia di muka bumi.

1. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intellegence (AI)

Hawking merupakan salah satu dari sekolompok ilmuwan yang mempunyai kekhawatiran akan kecerdasan buatan dan bagaimana hal tersebut akan membantu dan sekaligus merusak peradaban manusia. "Perkembangan yang semakin maju di bidang kecerdasan buatan merupakan kunci kehancuran manusia." lapornya pada BCC pada Desember 2014 lalu. Respon tersebut timbul saat ia baru saja menguji coba tekhnologi voice-synthesizing terbaru.

"Karena banyaknya potensi yang dapat diberikan dari hasil tekhnologi kecerdasan buatan atau artificial intellegence, sangat penting untuk kita mencari tahu cara yang bijak demi mengambil hanya keuntungan yang diberikan dan menghindari kerugian yang dapat ditimbulkan," ungkapnya dalam surat peringatan tentang bahaya yang ditimbulkan kecerdasan buatan, yang juga ditandatangani oleh beberapa ilmuwan lainnya seperti Elon Musk. Surat tersebut kemudian diterbitkan secara online oleh sebuah organisasi sukarela yang memberikan tulisan tentang bahaya yang mengancam kehidupan, Future of Life Institute, pada 11 Januari lalu. 

Namun banyak juga ilmuwan yang menolak pemikiran Hawkin dan Elon, bahwa peradaban manusia tidak terancam oleh perkembangan kecerdasan buatan atau AI. Demis Hassabis, seorang ilmuwan AI di Google DeepMind, merupakan salah satunya. "Manusia masih jauh dari kehancuran akibat majunya tekhnologi seperti yang ditakutkan Hawking," ungkapnya.

KOMENTAR