2014 / Juli / 21   09:59

45 Tahun Pendaratan Manusia di Bulan

Hari Minggu (20/7), menandai 45 tahun pendaratan perdana manusia di Bulan itu.

45 Tahun Pendaratan Manusia di BulanIlustrasi Neil Armstrong diabadikan menjadi perangko. (Thinkstockphoto)

Pada 20 Juli 1969, misi Apollo 11 telah berhasil mengantar astronaut Neil Armstrong, Edwin "Buzz" Aldrin, dan Michael Collins mendarat di permukaan Bulan.

Hari Minggu (20/7), menandai 45 tahun pendaratan perdana manusia di Bulan itu.

NATIONAL GEOGRAPHIC memublikasikan keberhasilan penjelajahan Bulan dalam isunya di edisi majalah Desember 1969. Saat itu, peristiwa ini didefinisikan sebagai "sebuah lompatan raksasa bagi umat manusia".

Penulis Andrew Fazekas, dalam kolom National Geographic StarStruck mengatakan, dengan bantuan teropong, Anda akan dapat melihat beberapa situs (lokasi) pendaratan Apollo—meski mungkin bagian Apollo 11 tidak akan terlihat secara persis karena Bulan akan berada di fase bulan sabit.

Namun jangan berharap melihat jejak-jejak astronaut atau perlengkapan yang ditinggalkan di sana. Untuk itu, Anda bisa mendapati pemandangannya melalui Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA saja. (Arsipnya dapat dilihat di sini)

Sementara bila Anda ingin tur Bulan yang lebih menyeluruh melalui teleskop, paling tidak secara virtual, Observatorium Komunitas Astronomi Slooh menyiarkan program khusus berikut.

(Gloria Samantha)

KOMENTAR