2014 / Februari / 26   15:31

Padepokan Gladiator Ditemukan

Sekolah gladiator kuno mengungkapkan kerasnya kehidupan para kesatria. Para prajurit terkenal hidup, dilatih, dan berjuang.

Padepokan Gladiator DitemukanIlustrasi ini menunjukkan sisa-sisa yang hampir lengkap dari sekolah gladiator yang ditemukan di Carnuntum di Austria timur. Ilustrasi: seizing M. Klein/7reasons

Gladiator Romawi kuno tinggal dan dilatih di penjara benteng, menurut sebuah tim internasional arkeolog yang memetakan sekolah bagi para kesatria terkenal itu.

Ditemukan di situs Carnuntum di luar Wina, Austria, sekolah gladiator atau Ludus gladiatorius, adalah yang pertama ditemukan di luar kota Roma. Sekarang tersembunyi di bawah padang rumput, sekolah gladiator itu sepenuhnya dipetakan dengan teknologi penginderaan Bumi non-invasif.

Penemuan yang dilaporkan 25 Februari 2014 malam oleh jurnal Antiquity membuat jelas bagaimana kehidupan para kesatria kuno yang terkenal memimpin pada abad ke-2 Masehi di Kekaisaran Romawi .

"Itu penjara, mereka adalah tahanan," kata arkeolog Wolfgang Neubauer dari University of Vienna, yang memimpin tim peneliti. "Mereka tinggal di sel, dalam benteng dengan hanya satu pintu keluar."

Penemuan ini menunjukkan, bahwa bahkan di luar Roma, gladiator adalah "bisnis besar," kata Neubauer. Setidaknya 80 gladiator, mungkin lebih, tinggal di bangunan besar berlantai dua yang dilengkapi dengan arena latihan di halaman utama. Situs ini juga mencakup lantai yang dihangatkan untuk pelatihan musim dingin, mandi, irumah sakit, jaringan pipa, dan kuburan di dekatnya.

(Dan Vergano)

KOMENTAR