9 Tips Agar Bisa Minum Air Lebih Banyak
2014 / Januari / 5   11:45

9 Tips Agar Bisa Minum Air Lebih Banyak

Dehidrasi ringan sudah dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi. Maka jangan tunggu hingga tubuh mengalami dehidrasi untuk minum

9 Tips Agar Bisa Minum Air Lebih BanyakIlustrasi minum air. (Wikimedia Commons)

Air tak dipungkiri lagi adalah zat gizi yang penting bagi tubuh. Itulah kenapa air perlu cukup dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi, bahkan lebih. Namun seringkali air menjadi hal yang sering dilupakan, bahkan orang baru minum air ketika sudah mulai merasa haus.

Padahal menurut pakar fisiologi dari Universitas Arkansas, Stavros Kavouras, haus merupakan petanda awal tubuh mengalami dehidrasi. Haus terjadi di saat tubuh mulai kehilangan 1-3 persen berat badannya karena menurunnya kadar air dalam tubuhnya.

"Dehidrasi ringan sudah dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi. Maka janganlah tunggu hingga tubuh mengalami dehidrasi untuk minum," ucapnya.

Maka ada baiknya Anda minum lebih banyak air sebagai resolusi Anda di tahun ini. Berikut beberapa kiat yang mungkin membantu Anda mewujudkannya.

1. Beri rasa.
Air yang tidak berasa mungkin membosankan, namun daripada menambahkan sirup, lebih baik pilih yang alami. Seperti memasukan irisan buah atau daun mint ke dalamnya untuk menambah rasa air.

2. Makan pedas.
Sesudah makan makanan pedas, orang cenderung untuk minum lebih banyak. Maka ini akan membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan konsumsi air harian. Ditambah lagi makanan pedas akan meningkatkan metabolisme.

3. Gunakan ponsel.
Pengukuran air dalam tubuh kini tersedia dalam bentuk aplikasi pada telepon pintar. Namun jika tidak mungkin menggunakannya, Anda dapat mengatur sistem reminder dari ponsel untuk mengingatkan minum air.

4. Dekatkan botol minum.
Ketika tengah duduk di depan meja atau melakukan perjalanan selama berjam-jam, minum air pasti bukan prioritas Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki botol besar di meja atau botol ukuran sedang yang bisa selalu Anda bawa. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak cukup minum.

5. Persiapkan saat berolahraga.
Mungkin akan merepotkan jika harus menghentikan aktivitas olahraga sementara untuk pergi minum, sehingga Anda pun memilih untuk tidak minum sebelum sesi olahraga berakhir. Padahal ini dapat dihindari dengan menyiapkan botol minum sebelum mulai olahraga.

6. Pesan air saat makan di restoran.
Pesan air dalam gelas daripada di botol saat makan di restoran akan memudahkan Anda untuk mengambil air isi ulang yang biasanya disediakan di sana.

7. Makan air.
Ini bukan cara curang, namun ada jenis-jenis makanan yang memang sudah mengandung banyak air, seperti melon, timun, seledri, bahkan makanan-makanan berkuah, seperti sup.

8. Jadikan air sebagai hidangan pembuka.
Menurut sebuah studi di jurnal Obesity, minum air sebelum makan akan membantu Anda mengurangi berat badan. Ini karena air lebih dulu membuat Anda kenyang sehingga makan lebih sedikit.

9. Langsung minum begitu bangun tidur.
Minum air sebelum memulai aktivitas akan meningkatkan metabolisme dan membersihkan tubuh sehingga bersifat detox. Serta, membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan air.

(Unoviana Kartika, Sumber: kompas.com)

KOMENTAR