Lima Hewan yang Sering Pura-pura Mati

Beberapa spesies hewan berpura-pura mati saat sedang terdesak ataupun mengincar mangsanya

hiu lemon,predatorHiu lemon berpura-pura mati ketika punggungnya dibalik. (Bernard Radvaner, Corbis/National Geographic News)

Menjelang Halloween, jalanan segera dipenuhi oleh mereka yang bangkit dari kubur, tentunya dengan membawa kantung trick-or-treat. Namun dunia hewan penuh dengan para pelaku trik tersebut setiap saat. Berikut ini lima hewan yang sering berpura-pura mati agar tetap hidup.

Makam di Perairan
Khawatir diserang hiu? Sejumlah pakar menyebutkan, memukul hiu dekat bagian matanya akan membuat hewan ini menyingkir. Namun kekerasan bukan jawabannya. Lemon shark sering tak berdaya saat dibaringkan terlentang. Raja lautan ini bisa terbujur kaku selama sekitar 15 detik dan berpura-pura mati dalam waktu yang cukup lama hingga para ilmuwan bisa melakukan eksperimen pada hewan itu.

Berenang dengan Ikan
Oke, mungkin ikan mas Anda benar-benar tidur. Namun, ikan cichlid asal Amerika Tengah hanya berpura-pura mati untuk memancing mangsa yang tidak curiga. Predator air ini memiliki tanda-tanda yang membuatnya seperti bagaikan ikan yang sedang membusuk, dan para pemangsa bangkai tertarik untuk mendekati dan mengira mereka akan mendapatkan santapan lezat. Setelah cichlid kembali sadar, ia akan membunuh dan memakan tim pembersih tersebut.

babi,hewan ternakBabi dan beberapa hewan peternakan lain bisa berpura-pura mati. (Joel Sartore, National Geographic)

Bebek-bebek Mati
Saat berhadapan dengan maut, beberapa spesies bebek akan berpura-pura mati. Perilaku ini disebut dengan 'tonic immobility' dan para ilmuwan menduga bahwa ini merupakan mekanisme pertahanan diri. Sayangnya, mekanisme ini kurang canggih. Hewan-hewan yang berpura-pura mati tersebut seringkali tetap disantap predatornya.

Pergi ke Padang Rumput
Tonic immobility tidak lazim di kalangan spesies atas, namun hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, dan babi juga sudah lama diketahui bisa tak sadarkan diri selama beberapa menit dalam satu waktu sebelum kembali normal. Sayangnya hal yang serupa tidak berlaku pada hewan peliharaan yang tinggal di kawasan pertanian.

(Lihat video: Menggelikan, si Kambing Pingsan)

Gigit yang Besar

Ular merupakan aktor yang baik. Ular baby brown atau yang dikenal dengan Storeria dekayi, akan membatu jika didekati oleh pemangsa, atau peneliti yang berusaha melihat dari dekat. Hewan ini akan tetap berlaku seperti itu, tetap diam bagaikan tak bernyawa, bahkan setelah disodok.

Ayo ceritakan, hewan apa lagi yang pernah Anda lihat berpura-pura mati?

(Mollie Bloudoff-Indelicato)

Kata kunci:perilaku hewan

QR Code

Tutup
 

Berita Terkait


 

Berita Lainnya


 

Komentar


 

Majalah

Edisi April 2014

Langganan →

Indeks Feature →

Polling

Loader