Opera Batak ke Pentas Modern
2013 / Agustus / 7   13:28

Opera Batak ke Pentas Modern

Kesenian opera batak rencananya dipentaskan di Jerman.

Opera Batak ke Pentas ModernMarbun s./Fotokita.net

Naskah opera batak Perempuan di Pinggir Danau — karya Lena Simanjuntak — bakal ditampilkan di Rautenstrauch-Joest-Museum, Koln, Jerman, 2 November mendatang.

Naskah yang ditulis Lena itu berdasarkan perwujudan kegusarannya atas kondisi Danau Toba. Tiap kali pulang kampung, Lena yang kini sudah 32 tahun menetap di Jerman selalu merasa lingkungan Danau Toba makin rusak.

"Dengan sadar kami pun mendukung percepatan Danau Toba sebagai kawasan Global Geopark Network UNESCO, dan tortor sebagai nominasi World Heritage," ungkapnya.

Pentas di Jerman ini juga sebagai rangkaian acara Batak Day yang akan membedah berbagai hal seputar kebudayaan Batak, serta peringatan 150 tahun jalinan hubungan Batak dengan Jerman. Opera akan dipentaskan dalam bahasa Jerman. Lena mengatakan, ini akan menjadi bagian dari langkah tranformasi suatu opera tradisi menuju pementasan modern.

Pagelaran opera batak didukung pula oleh sejumlah pihak di antaranya Lembaga Persahabatan Indonesia-Jerman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pemprov Sumatera Utara.

(Gloria Samantha. Sumber: Kompas)

KOMENTAR