Alasan Sistem Ukuran Sepatu Beragam

Standar yang umum dipakai di Indonesia adalah sistem Prancis, yang dipakai hampir di seluruh dunia.

buruh,sepatuAliyah, 21 tahun, anak Fatihah, mengumpulkan sepatu yang telah selasai ia kerjakan di bantu suaminya untuk disetorkan ke mandor.. (Feri Latief).

Ketika sedang mencari sepatu, jamak kita ditanya, “Mau nyari yang nomor berapa?”. Nomor di sini mengacu ke ukuran panjang telapak kaki. Standar yang umum dipakai di Indonesia adalah sistem Prancis, yang dipakai hampir di seluruh dunia. Namun, coba perhatikan keterangan ukuran yang biasanya terletak di lidah sepatu. Di situ biasanya ditulis tidak hanya satu jenis ukuran.

Setidaknya ada enam sistem ukuran sepatu. Selain Prancis tadi, ada Inggris (Eropa), Amerika, Mondopoint, Centimeter, serta Indonesia. Sistem Indonesia? Ya! Indonesia memiliki sistem sendiri, menggunakan satuan mm. Untuk anak-anak rentangnya 93 sampai dengan 213, dewasa antara 220 dan 307. Sayangnya, interval yang digunakan tidak tepat.

Sistem Prancis merupakan sistem yang populer. Sistem ini dikenal pula dengan nama Paris Stick (PS) sebab satuan yang digunakan ya Paris Stick. 1 PS = 2/3 cm. Penomorannya dimulai dari 1 (=0,666 cm) sampai nomor 50 (=33,333 cm atau 13 inchi). Sayangnya tidak ada pembagian yang jelas antara ukuran anak-anak dan dewasa. Untuk memudahkannya, anak-anak dan remaja ukurannya no. 14-35, sementara dewasa mulai 36-50.

Sistem Inggris menggunakan inchi sebagai satuannya. Ada pembagian yang jelas antara ukuran anak-anak dan dewasa. Juga ada ukuran tengah. Untuk anak-anak, nomornya 0-13 dengan interval 1/3 inchi. Nomor 0 = 4 inchi. Untuk ukuran tengah intervalnya 1/6 inchi. Sedangkan untuk dewasa dimulai dari nomor 1 sampai 12 dengan interval 1/3 inchi. Nomor 1 = 8 2/3 inchi. Ukuran tengahnya berinterval 2/6 inchi. Sistem ini bisa membingungkan sebab ukuran anak dan dewasa hampir mirip. Sistem Inggris dipakai di kawasan Eropa.

Sistem Amerika juga menggunakan satuan inchi. Ada pembagian yang jelas antara ukuran anak-anak dan dewasa. Juga ada ukuran tengahnya. Ukuran anak-anak dimulai dari 0-13, dengan 0 = 3 11/12 inchi dan intervalnya 1/3 inchi. Untuk dewasa nomor 1-12, dengan 1 = 8 7/12 inchi dengan interval 1/3 inchi. Untuk ukuran tengah, intervalnya 1/6 inchi.

Sistem Mondopoint sebenarnya diharapkan menjadi ukuran standar internasional karena diajukan oleh International Standard Organization (ISO). Satuan yang digunakan mm. Beda dengan yang lain, sistem ini menggunakan dua angka. Misalnya 240/95. Angka pertama menunjukkan ukuran panjang telapak kaki (240 mm), sedangkan angka kedua merupakan indeks ukuran lebar atau gemurnya tapi dalam bentuk persentase (95% x 240 mm = 228 mm).

Sistem Centimeter jarang digunakan. Satuan yang dipakai tentunya cm. Tidak ada pembagian yang jelas antara ukuran anak dan dewasa. Ukuran dimulai dari nomor 12 – 30. Memakai ukuran tengah juga dan tiap nomor intervalnya 1 cm.

(K. Tatik Wardayati, Sumber: Intisari-online.com)

QR Code

Tutup
 

Berita Terkait


 

Berita Lainnya


 

Komentar


 

Majalah

Edisi Agustus 2014

Langganan →

Indeks Feature →

Polling

Loader