Sepuluh Penemuan Aneh Sepanjang Tahun 2012

Bola mata raksasa berwarna biru yang terdampar di perairan Florida pada bulan Oktober, jadi penemuan teraneh sepanjang tahun 2012.

physarum polycephalum,lendirDengan meninggalkan jejak lendir, Physarum polycephalum bisa mengetahui kemana saja mereka sudah singgah. (Audrey Dussutour/National Geographic News).

10. Katak Terkecil di Dunia
Katak dengan nama latin Paedophryne amauensis dan memiliki panjang 7,7 milimeter ini diklaim sebagai hewan vertebrata terkecil di dunia. Katak seukuran lalat ini memecahkan hewan vertebrata terkecil sebelumnya yakni ikan Paedocypris progenetica dengan ukuran 7,9 milimeter. Ilmuwan menemukan katak ini saat melakukan penelitian di Papua Nugini.

9. Lendir, Jamur Bersel Tunggal Pemilik Memori
Ilmuwan dari Universitas Sydney dalam studi terbarunya yang diterbitkan jurnal Proceedings of the National Academies of Science menyatakan, makhluk bersel tunggal, Physarum polycephalum, tidak memiliki sistem saraf (otak) namun dapat merekam memori. Ahli biologi, Chris Reid mengungkapkan dengan meninggalkan jejak lendir, Physarum polycephalum bisa mengetahui ke mana saja mereka sudah singgah.

kucing,venusVenus, kucing dengan keunikan dua warna wajah dan mata. (NGM/Today Show/NBC).

8. Kucing Unik dengan 2 Wajah dan 2 Warna Mata
Venus, kucing yang memiliki dua warna kontras di wajahnya dan juga memiliki warna yang berbeda di kedua matanya.

Setengah wajahnya berwarna hitam legam dengan mata berwarna hijau. Sebagian lagi wajahnya berwarna kuning kecoklatan dengan mata berwarna biru. Karena keunikan yang dimilikinya, Venus menjadi kucing yang paling populer di planet ini.

7. Paus Putih Pembunuh
Paus putih dewasa terlihat berkeliaran di lepas pantai Rusia pada bulan April lalu. Paus Putih yang diberi nama "Iceberg" ini memiliki panjang kurang lebih tujuh meter diklaim sebagai satu-satunya di dunia. Para ilmuwan mengatakan paus putih ini belum tentu mengidap albino karena ia memiliki warna di pelananya yakni di bagian belakang sirip punggungnya. 

Kondisi genetik yang unik pada Iceberg dikarenakan menderita Chediak-Higashi sindrom, yaitu sindrom penyakit langka dari sistem kekebalan tubuh dan saraf yang mempengaruhi pewarnaan.

6. Hewan dengan Kaki Terbanyak
Hewan dengan kaki terbanyak, Illacme plenipes, ditemukan di California, Amerika Serikat. Hewan ini memiliki panjang 1,2 inchi milipede dengan 750 kaki. Hewan ini dulu pertama kali ditemukan pada 1928 kemudian dianggap sebagai spesies punah. 

Hewan kaki seribu kebanyakan hanya memiliki 80 hingga 100 kaki. Namun, Illacme plenipes dengan permukaan kulit yang diselimuti oleh rambut panjang yang menutupi punggungnya, memiliki kurang lebih 750 kaki untuk betina dan 550 kaki bagi jantan.

kurakura tempurung lunak cina,pelodiscus sinensisKura-kura tempurung lunak cina (Pelodiscus sinensis). Hewan pertama yang diketahui mengeluarkan urine lewat mulut. (FLPA/Alamy/National Geographic News).

5. Kura-Kura Keluarkan Urin Lewat Mulut
Melalui Journal of Experimental Biology para ilmuwan mengungkpakan kasus yang baru pertama kali terjadi pada hewan, yakni kura-kura tempurung lunak cina (Pelodiscus sinensis ) mengeluarkan urin melalui mulut. Pelodiscus sinensis memasukkan kepala mereka ke dalam genangan air, kemudian menggoyangkan lidahnya.

Namun, mereka tidak meminum air tersebut. Ilmuwan baru mengetahui ternyata P.sinensis memiliki struktur yang mirip dengan insang di dalam mulutnya.

4. Singa Betina yang Menyerupai Singa Jantan
Singa betina terlihat seperti singa jantan terdapat dijumpai di Afrika. Singa betina yang maskulin ini kemungkinan terjadi karena embrio yang terganggu saat pembuahan atau saat berada dalam rahim.

Kasus ini terjadi ditengarai karena kontribusi genetik pada sperma yang menentukan jenis kelamin pada sebagian mamalia, mengalami kelainan. Sehingga menyebabkan singa betina dengan beberapa karakteristik jantan.

3. Ikan dengan Alat Kelamin di Kepala
Phallostethus cuulong merupakan ikan unik yang memiliki alat kelamin di kepalanya yang ditemukan di perairan sungai dangkal di Vietnam. Ikan ini merupakan ikan kecil dengan anatomi tubuh yang cukup kompleks.

2. Landak dengan Penis Aneh
Ketika Tim National Geographic Emerging Explorer, Lucy Cooke mengunujungi Tasmania, Australia tahun ini, tim menemukan ekidna yakni sejenis landak yang memiliki empat kepala penis. Bentuknya menyerupai ibu jari atau terlihat seperti anemon laut yang aneh.

bola mata,ikan todak,raksasaBola mata rakasasa yang ditemukan di Florida, AS, Oktober 2012. Mata ini ternyata diketahui sebagai mata ikan todak. (Carli Segelson/Fla. FWCC/National Geographic News).

1. Bola Mata Raksasa Ditemukan di Pantai Florida
Bola mata raksasa misterius seukuran bola softball berwarna biru terdampar di perairan Florida pada bulan Oktober. Beberapa bulan kemudian, Fish and Wildlife Conservation Commission melaporkan bahwa bola mata tersebut milik swordfish atau ikan todak. Bola mata raksasa ini dinobatkan menjadi penemuan teraneh sepanjang tahun 2012.

(Umi Rasmi. Sumber: National Geographic News)

QR Code

Tutup
 

Berita Terkait


 

Berita Lainnya


 

Komentar


 

Majalah

Edisi April 2014

Langganan →

Indeks Feature →

Polling

Loader