Zona TI dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Iptek

 

Microsoft Indonesia berhasil meluncurkan zona teknologi informasi dan komunikasi di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis (26/1). Zona tersebut adalah inisiatif pendidikan berbasis TIK yang diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan Indonesia.

"Microsoft bekerja untuk mempercepat pertumbuhan Indonesia dengan mendorong kemajuan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Inovasi dan teknologi adalah unsur penting bagi pertumbuhan," papar Manish Chopra, Marketing and Operation Director Microsoft Indonesia, di Yogyakarta, Kamis (26/1).

Pendidikan, lanjutnya, merupakan faktor penting suatu negara untuk menciptakan tenaga kerja di masa depan. Untuk itulah pendidikan melalui TIK ini diharapkan mampu mendukung pencapaian prioritas nasional.

Zona Teknologi Informasi dan Komunikasi di Taman Pintar Yogyakarta, adalah salah satu media efektif untuk belajar mengenai iptek karena dapat mendorong ekspresi, apresiasi, dan kreativitas.

Dalam zona tersebut, berbagai komunitas dari berbagai usia dapat berbagi pengalaman aktivitas interaktif dan mencoba teknologi dalam cara yang membangun dan memotivasi. "Para pengunjung bisa melihat angkasa luar dengan Worlwide Telescope, memainkan permainan pendidikan di Microsoft XB0X yang dilengkapi Kinect, dan membuka situs pendidikan interaktif lainnya," tambah Chopra.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar, Ita Rustanti,S.Si,M.Eng menyambut baik adanya zona tersebut. Zona baru ini dinilai mampu berperan dalam pengembangan pendidikan berbasis TIK baik di tingkat lokal dan nasional.

(Olivia Lewi Pramesti)

KOMENTAR