Monyet Punah ini Kembali Ditemukan di Kalimantan

Sekelompok tim peneliti internasional kembali menemukan salah satu primata yang dianggap sudah punah, Miller's Grizzled Langur (Presbytis hosei canicrus). Monyet kecil dari genus Presbytis ini ditemukan di hutan lindung Wehea, Kalimantan Timur, dan penemuannya diterbitkan di  American Journal of Primatology.

Presbytis hosei canicrus ini tadinya bisa ditemukan di sepanjang Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan semenanjung Thailand-Malaysia. Namun, habitat monyet ini di Kalimantan sudah tergusur karena kebakaran hutan, penjarahan manusia, penambangan dan pertanian, demikian dilansir dari Eureka Alert, Jumat (20/1).

"Penemuan Presbytis hosei canicrus cukup mengejutkan karena hutan Wehea berada jauh dari jangkauan monyet ini. Penelitian berikutnya di masa depan akan memfokuskan diri memprediksi kepadatan populasi Presbytis hosei canicrus di Wehea dan hutan sekitarnya," kata Brent Loken dari Simon Fraser University Canada.

Tadinya monyet ini diprediksi sudah punah sejak tahun 2004. Hasil ekpedisi empat tahun kemudian menegaskan prediksi tersebut. Namun, ekspedisi kali ini menegaskan jika monyet tersebut bertahan hidup dengan sangat baik di Wehea. Ekspedisi ini juga menyimpulkan jika wilayah hidup Presbytis hosei canicrus sudah meluas dibanding perkiraan sebelumnya.

"Adalah sebuah tantangan untuk bisa memastikan temuan kami karena hanya sedikit foto monyet ini yang tersedia. Satu-satunya deskripsi mengenai Miller's Grizzled Langur datang dari spesimen di museum," kata Laken lagi.

Meski demikian, kata Laken, penemuan ini belum menyelamatkan nasib Presbytis hosei canicrus dari kepunahan. Karena kini monyet tersebut masuk dalam hewan langnka yang terancam punah. "Ini adalah lomba melawan waktu untuk bisa melindungi banyak spesies di Kalimantan." (Sumber: Eureka Alert)

QR Code

Tutup
 

Berita Terkait


 

Berita Lainnya


 

Komentar


 

Majalah

Edisi April 2014

Langganan →

Indeks Feature →

Polling

Loader