Silakan konfirmasikan email Anda dengan mengisi kode aktivasi melalui halaman ini.

Mesin Berbahan Bakar Udara

 

Peter Dearman dari Dearman Engine Company (DEC), Inggris, menciptakan mesin yang menggunakan udara cair (cryogenic) sebagai bahan bakarnya. Ciptaannya ini tidak meninggalkan karbon dari pipa pembuangan kendaraan yang membuat mesin ini bersaing dengan kendaraan berbahan bakar hidrogen atau listrik.

Pada hari Senin (23/01) kemarin, konsultan di Inggris menyatakan bahwa mesin ciptaan DEC berpotensi untuk dikomersialkan. Mesin ini beroperasi dengan menyuntikkan udara cryogenic yang kemudian dikonversikan menjadi gas bertekanan tinggi. Dorongan kepada mesin terjadi saat gas bertekanan tinggi itu tercipta.

Pada situs DEC disebutkan bahwa mesin ini tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali dan lebih murah dibandingkan dengan alternatif lain. "Mesin ini beroperasi dengan membuat udara cair menjadi gas, dan udara dingin menjadi satu-satunya pembuangan dalam mesin ini," seperi yang dikutip dari situs DEC. Teknologi baru ini beroperasi melalui proses penguapan udara cair. Jika penguapan terjadi dalam ruang yang benar, maka gas bertekanan tinggi akan dapat membuat mesin bergerak.

Sekarang, DEC sedang mengkalkulasi pengeluaran biaya untuk penciptaan mesin ini, karena percobaan sebelumnya menggunakan teknologi yang cukup mahal dan berat sehingga mobilitas tidak tercipta. Perusahaan ini menggunakan pendekatan baru di mana proses pemanasan terjadi di dalam mesin, panas terjadi karena kontak langsung dengan cairan. Langkah ini dapat menghilangkan konverter mahal dan berat.

(cleantechnica)

(Arief Sujatmoko)

KOMENTAR