Silakan konfirmasikan email Anda dengan mengisi kode aktivasi melalui halaman ini.

2011 / Mei / 26   09:01

2016, NASA Kirim Pesawat ke Asteroid

 

2016, NASA Kirim Pesawat ke AsteroidNASA

Pesawat NASA akan diluncurkan ke asteroid di dekat Bumi pada tahun 2016. Demikian diumumkan oleh manajer misi NASA pada Rabu (25/5).

Pesawat bernama OSIRIS-REx, kependekan dari Spectral-Interpretation Resource-Identification Security Regolith Explorer, akan mengambil sampel dari asteroid 1999 RQ36 dan membawanya pulang ke Bumi. Peneliti kemudian akan menyelidiki sampel untuk mengetahui asal usul kehidupan.

"Asteroid yang berbatu dan kaya karbon seperti kapsul waktu, berisi informasi sejak pembentukan sistem tata surya 4,5 miliar tahun yang lalu," kata Michael Drake, direktur Lunar and Planetary Laboratory di University of Arizona, yang memimpin misi OSIRIS-REx. Berdasarkan beberapa studi, ilmuwan meyakini RQ36 sangat kaya dengan molekul organik meskipun mereka belum tahu jenisnya secara pasti. Misi OSIRIS-REx ini merupakan misi pertama Amerika Serikat untuk mengambil sampel dari asteorid tersebut.

RQ36 merupakan asteroid dengan lebar 575 meter yang jaraknya berada antara 133 juta dan 203 juta kilometer dari matahari. RQ36 melintas di orbit Bumi dengan jarak 450.000 kilometer.

OSIRIS-REx akan dijadwalkan tiba di RQ36 pada 2019 dan menghabiskan waktu setahun mempelajari asteroid dengan berbagai instrumen, termasuk kamera, pemeta permukaan, dan spektrometer. Data gabungan akan menginformasikan mengenai ukuran pasti serta komposisi mineral asteroid.

Sekitar 6 bulan dalam misi, OSIRIS-REx akan mengambil sampel. Para ilmuwan berharap dapat mengumpulkan sampel lebih dari 2 ons dan pada saat kembali di tahun 2023, sampel akan diuji. (Sumber: National Geographic News)

KOMENTAR